10 Manfaat Sosial Media untuk Meningkatkan Penghasilan / Keuntungan Bisnis Anda

Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung website bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Banyak bisnis kelas menengah kebawah di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek. Ditambah perkembangan jenis sosial media yang semakin bervariasi, mulai dari sosial media personal, blog, biro jodoh bahkan eCommerce. Tapi, bagaimanapun tetap ada sebagian pihak yang skeptis akan pengaruh sosial media bagi bisnis.

Berikut adalah 10 keuntungan sosial media bagi bisnis:

Sosial Media Merupakan Cara Yang Mudah Untuk Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda

Bagi bisnis yang bergerak di industri apapun, salah satu kunci kesuksesannya adalah dengan mengenal pelanggan lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada di setiap akun sosial media, kini bisa diketahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia,  bahkan jenis kelamin. Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Dengan target konsumen yang tepat diharapkan akan memberikan keuntungan lebih dari investasi yang telah dilakukan.

Sosial Media Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif

Geo-targetting merupakan langkah yang efektif bila Anda ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi mereka. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki perangkat pendukung yang membantu Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen.

Sosial Media Membantu Anda Menemukan Konsumen Baru Dan Memperluas Target Pasar

Jejaring sosial seperti Twitter membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Twitter. Selanjutnya Anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Anda.

Sosial Media Memudahkan Konsumen Untuk Memberikan Feedback Mengenai Bisnis Anda Secara Langsung

Sosial media untuk bisnis memberikan Anda akses kepada feedback positif maupun negatif dari konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen. Sebagai contoh, jika Anda meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk Anda.

Mengembangkan Target Pasar dan Selangkah Lebih Maju Dari Kompetitor

Dengan sosial media Anda bisa mendapatkan informasi penting dari kompetitor, sehingga dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menganalisa teknik apa saja yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan.

Sumber: progresstec

Sosial Media Dapat Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine

Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi sosial media juga memberikan sinyal positif kepada search engine, sehingga bisa meningkatkan ranking website.

Bagikan Informasi Lebih Cepat Dengan Sosial Media

Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Saat Anda menggunakan sosial media untuk bisnis, khususnya untuk membagikan informasi mengenai bisnis Anda, cukup klik tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan. Tapi tetap pastikan bahwa informasi yang Anda bagikan sesuai dengan minat target konsumen Anda.

Sosial Media Membantu Menghasilkan Daftar Calon Konsumen Baru

Sosial media mampu menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk bisnis Anda.

Lebih Dekat Dengan Konsumen Melalui Sosial Media

Sosial media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen Anda. Contohnya, sosial media membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan jasa mereka. Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial media dibanding hanya melalui pemasaran konvensional.

Sosial Media Meningkatkan Brand Awareness Dan Promosi Dengan Biaya Yang Minim

Terakhir, sosial media membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu, membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan proses dan waktu.

Hasil Studi Sosial Media dan Bisnis

Menurut studi di ExpertMarket banyak bisnis yang tidak mengerti apa yang harus dipost di sosial media. Sementara 71% konsumen mengatakan mengikuti sosial media untuk info promosi/diskon dan 66% lainnya mengaku untuk mendapatkan udpate produk terbaru. Sementara hampir setengah dari konsumen terhubung dengan sosial media brand untuk berkomunikasi dengan customer service.

Tinggalkan Balasan

Ada yang bisa kami bantu ?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut…

Butuh layanan pembuatan website, apps atau Seo dengan biaya murah ?

Support